Sabtu, 11 Juni 2011

E-Commerce : Perbandingan Belanja On-line Tren

Senin lalu, saya mendengarkan presentasi dari teman saya, ia mempresentasikan tentang e-commerce. Topik yang cukup menarik menurut saya, apalagi kita tahu bahwa e-commerce cukup diminati di Indonesia akhir-akhir ini. E-commerce sendiri adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.

Taukah anda..??? Bahwa perempuan lah yang banyak melakukan kegiatan belanja secara online. Pada tahun 1999, sebuah temuan yang signifikan telah dibuat oleh studi bersama yang dilakukan oleh CommerceNet dan penelitian Nielsen Media. Penelitian in melaporkan bahwa untuk pertama kalinya dalam dua tahun, pembelian onlinedari perempuan telah melonjak secara dramatis. Lebis signifikan, “laju pertumbuhan jumlah perempuan membuat pembelian online pembelian telah melampaui laju pertumbuhan manusia.” (Dillon,1999).

E-commerce memberikan kelebihan tersendiri baik dari segi penjual maupun pembeli, dari segi penjual, si penjual bisa menghemat biaya. Misalnya saja biaya untuk sewa toko, biaya untuk menggaji pegawai, dll. Sedangkan dari segi pembeli, pembeli bisa lebih menghemat biaya dan waktu, karena mereka tidak perlu pergi jauh hanya untuk membeli barang tersebut.

Laporan UCLA mengidentifikasi aktivasi Internet yank paling popular : email, instant messaging dan situs web browser kepentingan pribadi. Sementara, belanja dan membeli online peringkat kelima sebagai aktivitas internet yang paling popular melayang di sekitar 44,5% yang disurvei pada tahun 2002. (2002,Lebo). Dan situs yang paling sering dikunjungi adalah eBay dan Amazon. Bahkan maskapai penerbangan tertentu seperti British Airways, Delta Airlines, dan Singapore Airlines merupakan beberapa nama yang disebut sebagai situs yang cukup sering dikunjungi.

Walaupun belanja online menawarkan banyak kelebihan dan kemudahan, kita tetap perlu berhati-hati terhadap penipuan yang terjadi di dunia maya. Kita harus pintar-pintar memilih toko online yang akan menjadi tempat kita untuk berbelanja. Sedikit tips dari saya, jika anda ingin berbelanja secara online pastikan bahwa jasa pengiriman yang diberikan oleh toko online tersebut benar-benar meyakinkan, kemudian, pastikan juga bahwa toko online tersebut benar-benar tepercaya. Biasanya akan terdapat comment dari konsumen yang menyatakan barang tersebut sudah diterima atau pernyataan yang mengatakan bahwa mereka puas dengan barang yang mereka beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar